Jurnal 1
1. Judul: Etika Bisnis
Dalam Mobile Marketing (Studi Deskriptif Kualitatif Pada JualanBranded
Group Dan Apriliza Shop)
2. Nama: Bob Sefias
Reagan
3. Tahun: 2014
Etika bisnis adalah seni dan disiplin dalam menerapkan
prinsip-prinsip etika untuk mengkaji dan memecahkan masalah-masalah moral yang
kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengidentifikaskan dan
menganalisis penerapan etika bisnis dalam mobile marketing yang
dilakukan oleh reseller fashion melalui Blackberry Messenger (BBM).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif
dengan fokus penelitian mengamati etika bisnis ditinjau dari sudut pandang reseller
bisnis dan konsumen reseller fashion dalam group BBM serta
menemukan model etika bisnis dalam mobile marketing. Informan dalam
penelitian ini adalah jualan branded group dan AprilizaShop sebagai reseller
fashion. Sedangkan untuk analisis data menggunakan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bisnis reseller fashionjuga
memerlukan etika bisnis.
Etika bisnis menjadi semakin penting ketika kegiatan bisnis
dilakukan secara online karena transaksi berlangsung secara tidak tatap muka,
seperti bisnis reseller fashionadalah kejujuran, tanggung jawab, bersaing
secara sehat, responsif, ramah, peduli dengan pelanggan, dedikasi yang tinggi.
Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa reseller fahion percaya
dengan menerapkan etika bisnis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan
loyalitas dari konsumen. Dan adanya peningkatan penjualan seiring dengan
meningkatnya kepercayaan konsumen dan loyalitas konsumen terhadap reseller
fashion.
Jurnal 2
1. Judul: Pengaruh Budaya
Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Lingkungan Yayasan
Taruna Bakti Bandung
2. Nama: Agus Garnida
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat budaya
organisasi, kepuasan kerja pegawai, dan kinerja pegawai di lingkungan Yayasan
Taruna Bakti Bandung; menganalisis dan mengukur adakah pengaruh budaya
organisasi terhadap kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung;
menganalisis dan mengukur adakah pengaruh kepuasan kerja pegawai terhadap
kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung; serta menganalisis
dan mengukur adakah pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja pegawai
terhadap kinerja pegawai di lingkungan Yayasan Taruna Bakti Bandung.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan
eksplanatori survei. Teknik sampling yang digunakan simple random sampling
(SRS). Instrumen penelitian utama menggunakan angket. Teknik analisis data
menggunakan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa hubungan
budaya organisasi dengan kinerja pegawai berada pada kisaran yang sedang.
Hubungan kepuasan kerja dengan kinerja pegawai berada pada kisaran yang kuat.
Hubungan budaya organisasi dan kepuasan kerja dengan kinerja pegawai berada
pada kisaran yang sangat kuat. Budaya organisasi berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja pegawai; kepuasan kerja berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja pegawai; serta budaya organisasi dan kepuasan kerja
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai secara simultan.
Kepuasan kerja memberikan pengaruh lebih besar terhadap kinerja pegawai
dibandingkan dengan budaya organisasi.
Jurnal 3
1. Judul: Pengaruh Etika
Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Kinerja Organisasi
(Penelitian Pada Pegawai PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang
Cianjur)
2. Nama: Resti Yulistria
Masalah yang menjadi kajian pada penelitian ini adalah
mengenai kinerja organisasi. Variabel yang mempengaruhi kinerja organisasi
dalam penelitian ini adalah etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan.
Berdasarkan hal tersebut, analisis dalam penelitian ini mengungkap “apakah
terdapat pengaruh antara etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan
terhadap kinerja organisasi.”
Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Survey,
dengan teknik pengumpulan data kuesioner skala lima kategori Likert. Sumber
data diperoleh dari populasi pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
Kantor Cabang Cianjur. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah regresi.
Teknik ini digunakan untuk mengukur pengaruh yang disebabkan variabel bebas
terhadap variabel terikat.Variabel etika bisnis diukur melalui indikator
otonomi, keadilan, kejujuran, saling menguntungkan, dan integritas moral, dan
variabel tanggung jawab sosial perusahaan diukur melalui indikator market
actions, mandated actions, dan voluntary actions. Kedua variabel bebas tersebut
diukur berdasarkan persepsi pegawai. Adapun variabel kinerja organisasi diukur
melalui indikator perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses
bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang diukur
berdasarkan kondisi riil tingkat kinerja organisasi PT. Bank Rakyat Indonesia
(Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur.
Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa etika
bisnis PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur berada
pada kategori tinggi sedangkan untuk tanggung jawab sosial perusahaan dan tingkat
kinerja organisasi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang
Cianjur berada pada kategori cukup. Oleh karena itu, penelitian ini dapat
memberikan manfaat berupa perbaikan kinerja organisasi di PT. Bank Rakyat
Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Cianjur untuk selanjutnya dijadikan dasar
dalam menganalisis tingkat kinerja organisasinya.
No comments:
Post a Comment